7 Jenis Pelatihan Untuk HRD Guna Menciptakan SDM Berkualitas

Sebuah perusahaan yang memiliki imej bagus dan cemerlang di mata karyawan, kompetitor maupun calon klien dimulai dari bagaimana perusahaan mengelola dan memiliki sumber daya manusia yang kompeten sehingga dapat memicu pertumbuhan perusahaan. Sumber daya manusia yang bekerja dan dipekerjakan oleh perusahaan haruslah memiliki skill yang memadai sesuai dengan job desk masing-masing demi terciptanya goals dan benefit bagi perusahaan dimulai dari strategi perekrutan dan perlu memperhatikan tujuan, baik itu dalam jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang bagi perusahaan.

Menciptakan SDM perusahaan yang memiliki wawasan dapat terwujud jika Anda memberikan berbagai training yang bermanfaat. Training yang diperuntukkan untuk meningkatkan kualitas SDM perusahaan kerap juga dapat dilakukan dengan bantuan dari para penyedia jasa konsultasi & pelatihan HRD profesional untuk mengetahui trend atau isu paling baru seputar dunia HR. Adapun 7 jenis pelatihan untuk HRD dalam menciptakan SDM berkualitas yaitu:

1. Pelatihan Tim 

Memberikan pelatihan tim kepada SDM perusahaan merupakan hal yang sangat dianjurkan karena karyawan di dalam perusahaan tidak akan bekerja sendirian, mereka harus bisa menyelesaikan masalah atau pekerjaan secara tim agar tujuan perusahaan bisa tercapai.

2. Melatih Keahlian Karyawan

Pelatihan dan pengembangan pertama yang bisa dilakukan pada SDM atau karyawan perusahaan adalah dengan melatih keahliannya atau bisa disebut juga skill training. Pelatihan ini juga cukup sering dilakukan oleh beberapa perusahaan. Program pelatihan ini dapat dimulai dengan dengan menilai apa yang menjadi kebutuhan ataupun kekurangan yang kemudian bisa diidentifikasikan lewat penilaian yang lebih teliti.

3. Cross Functional Training

Pelatihan dan pengembangan yang bisa dilakukan selanjutnya adalah melakukan pelatihan lintas fungsional. Ini merupakan pelatihan yang akan melibatkan para karyawan perusahaan agar mampu melakukan aktivitas pekerjaan pada bidang lain yang belum tentu dikuasai oleh mereka. Hal ini tentu saja sebagai langkah inovasi perusahaan dalam memperluas pengetahuan para karyawannya.

4. Pelatihan Teknologi Yang Berhubungan Gengan Perusahaan

Perkembangan teknologi sudah semakin pesat, sehingga perusahaan tidak dapat menutup mata bahwa pastinya ada teknologi yang mempengaruhi sistem kerja dalam perusahaan. Bila tidak bisa mengikutinya, maka sangat mungkin perusahaan akan mengalami ketertinggalan dan tidak akan berkembang. Oleh sebab itulah, ketika menyadari bahwa pengaruhnya cukup besar, sebaiknya perusahaan memberikan sebuah pelatihan teknologi informasi kepada SDM di dalamnya agar tidak gagap teknologi atau gaptek. Dengan begitu, SDM akan bisa melakukan pekerjaan secara produktif, kreatif dan inovatif sesuai dengan tren teknologi.

5. Melatih kreatifitas perusahaan

Proses pelatihan kreativitas merupakan program pelatihan dan pengembangan yang bisa memberikan peluang agar SDM perusahaan dapat mengeluarkan sebuah gagasan berdasarkan nilai rasional demi kemajuan perusahaan melalui gagasan yang nantinya akan dikembangkan sesuai dengan visi dan misi yang ada

6. Pelatihan Bahasa

Pelatihan dan pengembangan mengenai bahasa juga sebaiknya harus dipertimbangkan bila perusahaan ingin lebih berkembang. Jangan menutup mata dengan perbedaan bahasa, karena bisa saja pasar yang ditargetkan perusahaan ternyata adanya di luar negeri bukan di Indonesia. Ditambah lagi klien atau rekanan perusahaan biasanya merekrut ekspatriat dari berbagai negara sebagai salah satu representatif perusahaannya, maka kemampuan bahasa asing jadi kunci utama dalam kelancaran komunikasi bisnis dan meraih peluang-peluang yang mungkin tercipta.

7. Pelatihan Ulang

Perusahaan juga bisa melakukan pelatihan ulang atau disebut juga retraining agar bisa memberikan keahlian yang benar-benar dibutuhkan oleh SDM yang ada. Hal ini dilakukan untuk menghadapi kondisi tuntutan pekerjaan yang akan terus berubah. Sehingga dengan pelatihan ini SDM yang ada di dalam perusahaan bisa bekerja dengan lebih percaya diri ketika menyelesaikan suatu pekerjaan.

Demikian jenis-jenis training dan pengembangan SDM untuk perusahaan yang bisa dilakukan guna mendukung perkembangan perusahaan melalui peningkatan kemampuan sumber daya manusia. Harapannya, kualitas sumber daya manusia akan meningkat dan berimbas pada keseluruhan kinerja perusahaan.