...

Keberadaan limbah yang mengancam kelestarian lingkungan hidup belum maksimal tertangani. Khususnya bagi pihak-pihak terkait seperti industri dan perusahaan yang menghasilkan limbah setiap harinya dalam kegiatan produksi mereka. Masih banyak industri dan perusahaan tidak mampu mengelola dan mengendalikan air limbah sehingga memberi dampak langsung pada lingkungan. Dampak negatif tersebut bukan hanya mengganggu kondisi kesehatan lingkungan, tetapi juga kondisi kesehatan makhluk-makhluk hidup yang tinggal di dalamnya, termasuk kita. Untuk itu penting dan akan sangat bermanfaat jika para pelaku bidang pengelolaan limbah mengikuti pelatihan khusus bersertifikasi.

Pentingnya Mengikuti Pelatihan Tentang Pengolahan Limbah Cair Bersertifikasi

Tidak sekadar mengelola limbah, pelatihan bagi penanggung jawa operasional limbah ini akan memberi berbagai materi dan informasi seputar pengendalian disertai membuat berbagai solusi untuk menangani permasalahan tentang limbah cair. Anda yang bekerja di bidang lingkungan hidup akan membutuhkan materi-materi tersebut. Selain itu adanya sertifikasi akan lebih membantu lagi.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas secara singkat, bagaimana sistem pengolahan limbah di Indonesia masih tergolong kurang baik di beberapa daerah, pelatihan ini dapat menciptakan rasa peduli lebih dalam lagi terhadap kelestarian dan keseimbangan lingkungan. Peserta pelatihan dapat lebih menyadari betapa pentingnya pengolahan dan pengelolaan, hingga pengendalian dengan maksimal terhadap limbah buangan.

Ditambah peserta dapat menambah pengetahuan dan ilmu untuk mencari solusi terbaik dalam pengendalian limbah cair dan pengolahan air dari limbah tersebut. Berbagai isu lingkungan dan permasalahan seputar pencemaran air dapat diketahui dan dianalisis lebih dalam, sehingga menghasilkan pemikiran lebih tajam serta berawawasan luas sebagai penanggung jawab operasional.

Ada pun dasar hukum dalam kegiatan pengolahan limbah tercatat pada Peraturan UU No. 32, Tahun 2009 mengenai Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Hal ini mencakup penanganan limbah hasil industri.

Tujuan Pelatihan Penanggung Jawab Operasional Pengolahan Air Limbah

Berikut beberapa tujuan dari pelatihan, di antaranya:

  • Pemahaman Terhadap UU Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup
  • Pemahaman Terhadap Dampak Negatif Air dari Limbah
  • Mempelajari Betapa Pentingnya Pengelolaan Air dari Limbah
  • Menemukan Cara-Cara dalam Menanggulangi Pencemaran Air
  • Mempelajari dan Mengimplementasikan Pengelolaan Air
  • Mampu Memenuhi Persyaratan Kompetensi Berdasarkan SKKNI Sebagai Operator Penanggung Jawab Pengolahan Air dari Limbah

Materi-Materi Pelatihan

Materi yang diberikan terdiri dari beberapa bagian dengan fokus menggambarkan kebutuhan serta ilmu yang wajib dipahami serta dimengerti para operator penanggung jawab. Materi-materi tersebit terdiri dari:

  1. Pembelajaran mengenai UU Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.
  2. Membahas dampak buruk dari adanya air limbah bagi lingkungan dan kehidupan makhluk hidup, khususnya di Indonesia.
  3. Mendalami seberapa pentingnya proses pengelolaan air dari hasil limbah yang dapat menjadi sumber penurunan tingkat kesehatan masyarakat.
  4. Pembelajaran mengenai langkah dan cara dalam menanggulangi terjadinya pencemaran air dengan berbagai kondisi.
  5. Mendalami proses pengendalian dan pengelolaan limbah yang terdiri dari proses pengolahan instalasi air limbah, sistem operasional instalasi pengolahan air limbah (IPAL), melakukan evaluasi kinerja IPAL, perencanaan operasional IPAL, serta membuat laporan kinerja IPAL.
  6. Mempelajari teknik-teknik K3 untuk pengelolaan limbah air.
  7. Menambah ilmu dan informasi untuk memenuhi persyaratan kompetensi sebagai operator penanggung jawab di bidang pengolahan air limbah sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).
  8. Pemberian materi tambahan agar lulus ujian mendapatkan sertifikasi BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) sebagai penanggung jawab operasional.

Target Peserta Pelatihan

Target peserta yang lebih baik mengikuti pelatihan ini ialah mereka yang bekerja di bidang pengelolaan dan pengolahan limbah cair dengan memenuhi persyaratan umum sebagai peserta yaitu minimal lulusan SMA/SMK dengan pengalaman bekerja di bidang pengelolaan limbah. Atau telah memiliki sertifikat dalam mengelola limbah air.

Para lulusan S1 dengan bidang ilmu lingkungan disertai pengalaman bekerja pada bidang pengendalian air, kemudian para lulusan D3 yang telah berpengalaman bekerja sebagai operasional pengolahan air limbah. Tidak hanya itu saja tetapi industri dan perusahaan tertentu yang membutuhkan pemahaman serta pembelajaran lebih seputar pengelolaan limbah dan mengolah limbah air pun boleh mengikuti.

Metode penyampaian materi berupa sesi presentasi, pertukaran pendapat dan berbagi ilmu dengan sesi diskusi, latihan soal, case study, dan simulasi. Selain itu terdapat sesi evaluasi untuk mendapat kesimpulan yang lebih matang. Baru berlanjut dengan ujian sertifikasi. Kepemilikan sertifikasi ini akan sangat dibutuhkan bagi Anda yang berprofesi di bidang lingkungan hidup dan pengelolaan limbah.

Materi yang diberikan akan menambah pengetahuan seputar kegiatan pengelolaan limbah-limbah, seperti limbah air yang harus tanggulangi secara lebih maksimal. Limbah yang mencemari air merupakan salah satu penyebab tertinggi gangguan kesehatan yang berhubungan dengan kebersihan air. Jenis-jenis penyakit akibat pencemaran air seperti kolera, tifoid, hepatitis, dan masih banyak lagi menghantui masyarakat.

Jadwal Pelatihan

Waktu Lokasi #
22 - 24 Juni 2020 Jakarta Pilih
21 - 23 Juli 2020 Jakarta Pilih
10 - 12 Agustus 2020 Jakarta Pilih
Membutuhkan Inhouse Training? Klik di sini.

Produk Lainnya

Pelatihan Penanggung Jawab Pengendalian Pencemaran Air Sertifikasi BNSP

Bidang Lingkungan

Selengkapnya Hubungi kami

Pelatihan Pemantauan dan Analisis Pengelolaan Limbah B3 Sertifikasi BNSP

Bidang Lingkungan

Selengkapnya Hubungi kami

Konsultan ISO 55001:2014 Sistem Manajemen Aset

Bidang Aset

Selengkapnya Hubungi kami

Konsultan ISO 50001:2011 Sistem Manajemen Energi

Bidang Lingkungan dan Energi

Selengkapnya Hubungi kami

Konsultan ISO 37001 2016 Sistem Manajemen Anti Suap

Bidang Manajemen Mutu

Selengkapnya Hubungi kami

Konsultan ISO 27001 2013 Sistem Manajemen Kemanan Informasi

Bidang Keamanan Informasi

Selengkapnya Hubungi kami

Konsultan ISO 14001 2015 Sistem Manajemen Lingkungan

Bidang Lingkungan dan Energi

Selengkapnya Hubungi kami

Pelatihan Manajemen Proses Bisnis

Bidang Produktifitas dan Mutu

Selengkapnya Hubungi kami

Awareness Internal Quality Audit Base On ISO 9001:2015

Bidang Produktifitas dan Mutu

Selengkapnya Hubungi kami

Awareness Failure Mode and Effect Analisys

Bidang Produktifitas dan Mutu

Selengkapnya Hubungi kami

Pelatihan Implementasi dan Pembuatan Laporan AMDAL UKL UPL

Bidang Lingkungan

Selengkapnya Hubungi kami

Pelatihan Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun ( B3 )

Bidang Lingkungan

Selengkapnya Hubungi kami

Service Excellence Training

Bidang Keterampilan

Selengkapnya Hubungi kami

Effective Communication Skills Training

Bidang Keterampilan

Selengkapnya Hubungi kami