Pelatihan Penanggung Jawab Operasional Instalasi Pengendalian Pencemaran Udara (POIPU)
Waktu Lokasi #
22 - 24 Agust Online Pilih
12 - 15 Sept Online Pilih
17 - 19 Okt Online Pilih
14 - 16 Nov Online Pilih
19 - 21 Des Online Pilih
Membutuhkan Inhouse Training? Klik di sini.

Dalam proses produksi sebuah barang pastinya ada limbah yang dihasilkan dari proses produksi tersebut. Salah satu bentuk limbah industri ini ada yang dalam bentuk gas atau asap atau partikel-partikel sejenisnya yang disalurkan ke udara bebas. Tentu hal ini dapat memicu terjadinya pencemaran udara yang tidak terkendali sehingga dapat berisiko merusak ekosistem disekitar. Maka dari itu sebuah perusahaan yang pada kegiatan usahanya menghasilkan limbah ke udara harus memiliki seorang yang bertugas sebagai Penanggung Jawab Operasional Instalasi Pengendalian Pencemaran Udara.

Permen LHK No P. 6/ MENLHK/ SETJEN/ KUM. 1/ 2/ 2018 telah mengatakan profesi POIPPU ( Penanggung Jawab Operasional Instalasi Pengendalian Pencemaran Udara). Peraturan menteri ini menarangkan kalau Penanggung Jawab Operasional Instalasi Pengendalian Pencemaran Udara merupakan personil yang mempunyai tugas dan tanggung jawab terhadap penyusunan rencana, pengoperasian serta pengoptimasian pengoperasian peralatan pengendalian pencemaran udara. Termasuk perawatan peralatan pengendalian pencemaran udara, dan melakukan tanggap darurat dalam pengendalian pencemaran udara.

Permen tersebut juga menerangkan bahwa POIPPU ,dalam melakukan tugasnya harus mempunyai kompetensi. Kompetensi yang dimaksudkan merupakan keahlian kerja tiap orang yang mencakup aspek pengetahuan, keahlian serta perilaku kerja yang sesuai dengan standar yang ditetapkan. Maka seorang dengan Profesi POIPPU ini semestinya mempunyai pengakuan serta validasi atas kompetensinya sesuai SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia). Inilah yang menjadi dasar perlunya Uji Kompetensi Profesi POIPPU. Tercantum melalui Kementrian Lingkungan Hidup perusahaan diharuskan memiliki personil yang bersertifikat kompetensi POIPPU.

Pelatihan POIPPU

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa personil POIPPU harus memiliki kompetensi yang sesuai SKKNI. Untuk itu, pelatihan POIPPU menjadi solusi bagi perusahaan maupun para pelaku profesi untuk bisa meningkatkan kompetensi sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan.

Pada program pelatihan POIPPU nantinya para peserta akan mendapatkan pembekalan materi daripara expert dibidang pengendalian pencemaran udara. Dalam rangkaian pelatihan POIPPU ini juga aka nada uji kompetensi, dimana uji kompetensi ini untuk menilai apakah peserta sudah kommpeten atau belum sebagai Penanggung Jawab  Operasional Instalasi Pengendalian Pencemaran Udara. Jika peserta dinyatakan kompeten makan berhak menerima sertifikat kompetensi BNSP bidang POIPPU.

Baca juga : Penanggung Jawab Pengendalian Pencemaran Udara (PPPU)

 

Materi Pelatihan & Sertifikasi POIPPU

Materi yang akan disampaikan pada pelatihan POIPPU maupun uji kompetensi ini berdasarkan standar SKKNI yang sudah dibuat.

NO

KODE UNIT

UNIT KOMEPTENSI

1

E.390000.008.01

Mengoperasikan Alat Pengendali Pencemaran Udara dari Emisi

2

E.390000.009.01

Melakukan Perawatan Peralatan Pengendali Pencemaran Udara

3

E.390000.003.01

Menilai Tingkat Pencemaran Udara dari Emisi

4

E.390000.012.01

Mengidentifikasi Bahaya dalam Pengendalian Pencemaran Udara dari Emisi

5

E.390000.013.01

Melakukan Tindakan K3 terhadap Bahaya dalam Pengendalian Pencemaran Udara dari Emisi

 

Persyaratan Mengikuti Pelatihan & Sertifikasi POIPPU

  1. Lulusan D3 rumpun Ilmu Lingkungan dengan pengalaman kerja minimal 1  tahun Bidang Operasional Pengendalian PEncemaran Udara; atau Lulusan D3 bukan rumpun Ilmu Lingkungan dengan pengalaman kerja minimal 2 tahun Bidang Operasional Pengendalian PEncemaran Udara; atau Lulusan SMA/SMK dengan pengalaman paling sedikit 4 tahun di Bidang Operasional Pengendalian PEncemaran Udara.
  2. Mendapatkan rekomendasi dari pimpinan usaha dan/atau kegiatan.
  3. Mampu berbahasa indonesia dengan baik dan benar secara lisan dan tulisan.
  4. Memenuhi kompetensi sebagaimana yang dipersyaratkan dalam standar kompetensi.
  5. Fotokopi KTP.
  6. Daftar Riwayat Hidup.
  7. Fotokopi Ijazah terakhir.
  8. Pas foto 3 x 4 sebanyak 4 lembar.
  9. Fotokopi sertifikat pelatihan bidang terkait.
  10. Job Desk / Laporan Kerja.

Saat ini program pelatihan dan sertifikasi POIPPU bisa dilaksanakan secara daring (full online) sehingga lebih menghemat biaya karena bisa dilakukan dari manapun tempat peserta. Formasi Bisnis Indonesia menyiapkan jadwal pelatihan publik setiap bulan dan bagi perusahaan-perusahaan yang membutuhkan inhouse training, kami siap menjadi partner perusahaan sebagai penyelenggaran pelatihan dan/atau sertifikasi POIPPU di seluruh Indonesia.

Segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut, konsultasikan secara gratis kebutuhan kamu dan dapatkan penawaran harga menarik yang pastinya sangat kompetitif.

Lihat juga kegiatan terbaru di sini.