Training Kalibrasi Masa, Suhu, Tekanan, Dimensi dan Volumetrik

Kalibrasi adalah sebuah proses verifikasi yang dilakukan untuk memastikan tingkat akurasi sebuah alat ukut sesuai standar, rancangan dan fungsinya. Dalam ISO/IEC 17025 (Sistem Manajemen Laboratorium Pengujian dan Kalibrasi), kalibrasi adalah serangkaian kegiatan yang membentuk hubunngan antara nilai yang tidunjukan oleh alat ukur atau nilai yang diwakili oleh bahan ukur dengan nilai-nilai yang sudah diketaui yang berkaitan dari besaran yang diukur dalam kondisi tertentu. Berdasarkan ISO/IEC 12025 pula mempersyaratkan bahwa peralatan yang digunakan dalam aktifitas pengujian dan kalibrasi harus tertelusur melalui kalibrasi alat ukur.

Beberapa alat pengukuran yang penting untuk dilakuka kalibrasi adalah masa, suhu, tekanan, dimensi da volume. Untuk mendapatkan hasil kalibrasi yang akurat tentu dibutuhkan seorang yang berkompeten dalam melakukan kalibrasi alat ukur tersebut. Nantinya hal ini akan berpengaruh kepada manajemen mutu sebuah perusahaan dimana perusahaan harus menjaga mutu sebuah produk dengan memastikan alat-alat ukur yang digunakan selalu daam kondisi yang akurat, untuk itu perlu dilakukan kalibrasi alat ukur.

Training Kalibrasi

Training kalibrasi bertujuan untuk memberikan pengetahuan serta meningkatkan kompetensi personel yang bertugas melakukan kalibrasi alat ukur agar sesuai dengan standar. Pada training kalibrasi ini ada beberapa parameter yang akan di bahas yaitu kalibrasi masa, kalibrasi suhu, kalibrasi tekanan, kalibrasi dimensi dan kalibrasi volume.

Training kalibrasi dilaksanakan selama 1 (satu) hari. Di tengah kondisi pendemi saat ini, Public Training dapat dilakukan secara full Online, sedangkan bagi perusahaan yang membutuhkan Inhouse Training secara tatap muka, Formasi Bisnis Indonesia tetap bisa menyelenggarakannya.

Tujuan Training Kalibrasi

Ada beberapa tujuan utama yang diharapkan bisa dimiliki oleh peserta training kalibrasi masa, suhu, tekanan, dimensi dan volume setelah mengikuti training antara lain:

  1. Memahami konsep dasar kalibrasi mas, suhu, tekanan, dimensi dan volume
  2. Memahami tujuan, manfaat dan kapan kalibrasi harus dilakukan
  3. Mengetahui Teknik dasar kalibrasi alat yang digunakan dalam aktifitas pengukuran di tempat kerja
  4. Memahami dasar-dasar manajemen kalibrasi
  5. Memahami dasar ketidakpastian dan perhitungannya, sehingga peserta mampu peserta mampu melakukan kalibrasi alat ukur dan menganalisa angka ketidakpastian
  6. Mengetahui dan mampu membuat laporan hasil kalibrasi alat ukur

Pentingnya training kalibrasi ini untuk selalu menjaga mutu dari produk yang dihasilkan sehingga diharapkan keberlangsungan usaha dan tentunya target yang dituju dapat tercapai.

Formasi Bisnis Indonesia sebagai lembaga pelatihan dan konsultasi manajemen sudah berpengalaman menyelenggarakan training kalibrasi bersama perusahaan-perusahaan di Indonesia. Jadi jangan ragu dan jangan sungkan jika membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai training kalibrasi ini segera hubungi kami.

Lihat juga kegiatan terbaru di sini.

Waktu Lokasi #
22 November 2021 Online Pilih
Membutuhkan Inhouse Training? Klik di sini.