Jasa Konsultan ISO

Jika memiliki usaha, Kamu harus menjamin kualitas layanan, baik barang atau jasa sesuai standar nasional bahkan internasional. Akan tetapi, hal ini tidak mudah dilakukan sehingga jasa konsultan ISO kerap dibutuhkan banyak orang. Pasalnya, perusahaan wajib memenuhi berbagai persyaratan untuk mendapat pengakuan. Dengan demikian, perusahaan dapat dipercaya, sebab memiliki kualitas sesuai standar.

Sebelumnya, standarisasi ini ditetapkan dan dibuat oleh International Organization for Standardization (ISO). Lantas, dampak apa yang ditimbulkan jika tidak memenuhi standarisasi yang dimaksud? Tentu saja, perusahaan dinilai tidak kredibel untuk bersaing secara global, termasuk memiliki mutu manajemen yang layak untuk dipertanyakan. Pada akhirnya, branding perusahaan dinilai cacat oleh masyarakat.

Pentingnya Jasa Konsultan ISO

Mungkin, Kamu pernah mendengar sebuah pepatah bijak mengatakan bahwa perusahaan yang baik cenderung bergantung pada sistem dan tidak bergantung pada seseorang. Artinya, perusahaan benar-benar membutuhkan pedoman operasional sesuai standar, di mana hal ini dapat terwujud melalui penerapan ISO. Oleh karena itu, ISO memiliki peran krusial untuk perkembangan suatu perusahaan.

Contohnya, dengan menerapkan ISO, perusahaan diaudit secara berkala dan terdaftar dalam sertifikasi, membuka peluang pasar yang lebih besar, meminimalkan kerugian karena memiliki acuan kerja, dan lain-lain. Dengan demikian, muncul pertanyaan yang paling mendasar, yakni perihal bagaimana cara-cara untuk memenuhi standarisasi ISO sesuai ketentuan, termasuk menemukan jasa konsultan yang profesional.

Memahami Peran Jasa Konsultan ISO dengan Baik dan Benar

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), konsultan merupakan ahli yang bertugas untuk memberi petunjuk, nasihat, atau pertimbangan-pertimbangan dalam suatu kegiatan. Kemudian, konsultan ISO dapat didefinisikan sebagai seseorang yang mempunyai keahlian untuk memberi petunjuk, nasihat, sampai pertimbangan-pertimbangan yang penting, khususnya dalam menerapkan sistem manajemen berstandar internasional di perusahaan.

Konsultan ISO juga memiliki tugas dan tanggung jawab yang dinilai krusial, seperti memberi training atau pelatihan di awal konsultasi, yakni perihal persyaratan, pelaksanaan audit pre-assessment, dan audit internal untuk memahamkan perusahaan. Selain itu, konsultan juga memiliki peran penting untuk membantu mengembangan sistem manajemen dan membuat dokumen-dokumen penting sebagai rekam mutu.

Meningkatkan Peluang dalam Memenuhi Standarisasi di ISO Series

Jasa Konsultan ISO benar-benar krusial, khususnya dalam memenuhi ISO series yang kerap dibutuhkan. Dalam hal ini, ISO series merupakan standar utama yang sering dijumpai, yakni ISO 45001 2018, ISO 14001 2015, ISO 9001 2015, ISO 37001 2016, dan ISO 55001 2014. Kelimanya memiliki klausul-klausul yang berbeda sehingga perusahaan mencurahkan banyak waktu, tenaga, dan biaya.

Tahukah Kamu peningkatan statistik insiden keamanan dan kecelakaan di dunia kerja mendorong manajemen keselamatan dan kesehatan kerja berstandar internasional? Tujuannya untuk meminimalkan risiko dan menekan kerugian, baik pada pekerja, perusahaan, atau bahkan pada masyarakat sekitar. Secara umum, tahap konsultasi ISO 45001 2018 meliputi project kickoff, gap analysis, awareness, dan lain-lain.

Pada dasarnya, lingkungan merupakan ruang pokok untuk hidup orang-orang. Oleh karena itu, perusahaan dituntut meminimalisir dampak produksi terhadap lingkungan melalui ISO 14001 2015. Standar ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kinerja lingkungan dan mendorong kepatuhan dalam memenuhi kewajiban. Nah, dengan demikian, hal-hal yang tampak menyeleweng atau merugikan lingkungan, sebaiknya segera diperbaiki.

Jasa Konsultan ISO juga membantu memenuhi ISO 9001 2015. Pasalnya, dengan sistem manajemen mutu berstandar internasional, sebuah perusahaan dapat memiliki acuan perihal proses dan aktivitas yang dilakukan. Dalam praktiknya, standar ini juga berperan sebagai alat, sebab mampu mendorong kinerja perusahaan, memberi layanan berkualitas pada customer, dan mempermudah mencapai tujuan perusahaan.

Suap tergolong sebagai tindakan tercela yang kerap merugikan banyak orang, baik melibatkan keuangan atau sebaliknya. Oleh karena itu, dibentuk ISO 37001 2016 untuk mempopulerkan budaya anti suap. Dengan penerapan yang baik, perusahaan dapat menangani dan mendeteksi kemungkinan munculnya penyuapan. Selain itu, ISO 37001 2016 juga mengurangi praktik-praktik suap di banyak perusahaan.

5. ISO 55001 2014 Standar Sistem Manajemen Aset

Tahukah Kamu bahwa standar ISO 55001 2014 dirilis untuk menyediakan pemahaman perihal aset secara benar? Nyatanya, manajemen aset tidak hanya berlaku untuk perusahaan-perusahaan dengan aset fisik dan infrastruktur berskala besar, tetapi juga untuk perusahaan kecil dan menengah. ISO Lain juga dibuat untuk manajemen ini, seperti ISO 55000 dan ISO 55002.

Cara Memilih Jasa Konsultan ISO Profesional

Sayangnya, orang-orang tidak dapat menemukan Konsultan ISO secara mudah. Pasalnya, profesi ini dikerjakan tenaga profesional yang memiliki pengalaman dan rekam jejak yang panjang, yakni kerap menangani berbagai perusahaan di bidang-bidang yang berbeda. Artinya, seseorang yang berpengalaman dalam manajemen sebuah perusahaan saja, tidak dapat disebut sebagai konsultan.

Selain observasi terhadap skill dan rekam jejak, sebaiknya juga mempertimbangan perihal waktu dan harga. Pasalnya, konsultan profesional memiliki pertimbangan rasional dalam menentukan waktu pekerjaan, di mana semakin kompleks perusahaan, maka implementasi ISO cenderung membutuhkan waktu yang lama. Sedangkan perihal harga, Kamu dapat menyesuaikan dengan finansial perusahaan.

Formasi Bisnis Indonesia atau Kamu bisa juga sebut FBI menjadi pilihan yang tepat bagi Kamu yang membutuhkan jasa konsultan iso. Dengan pengalaman yang bisa Kamu lihat di portofolio, FBI memiliki sumber daya yang mampu memenuhi kebutuhan konsultasi ISO di perusahaan Kamu.

Demikian paparan mengenai urgensi konsultan ISO untuk berbagai perusahaan, khususnya dalam memenuhi ISO series dan standar-standar lainnya. Intinya, mari optimalkan keuntungan melalui transformasi menjadi perusahaan berstandar internasional, meski membutuhkan banyak tenaga, waktu, atau biaya. kemudian, hal ini dapat dilakukan dengan baik memakai jasa konsultan ISO secara profesional.

Produk Lainnya

Pelatihan Lingkungan Sertifikasi Kompetensi BNSP ( PPPA, PPPU, POPAL, Limbah B3, AMDAL, Pengambilan Contoh Air Limbah )

Bidang Lingkungan

Selengkapnya Hubungi kami

Pelatihan Neo NLP ( Neuro Linguistic Programming )

Bidang Keterampilan

Selengkapnya Hubungi kami

Training of Trainer Junior

Bidang Keterampilan

Selengkapnya Hubungi kami

Pelatihan Internal Audit ISO 14001 : 2015 Base On 19011 Awareness

Bidang Lingkungan

Selengkapnya Hubungi kami

Pelatihan Internal Audit ISO 9001 : 2015 Base On 19011 Awareness

Bidang Manajemen Mutu

Selengkapnya Hubungi kami

Pelatihan Internal Audit ISO 45001 : 2018 Base On 19011 Awareness

Bidang Keselamatan dan Kesehatan

Selengkapnya Hubungi kami

Pelatihan Internal Audit SMK3 Awareness

Bidang Keselamatan dan Kesehatan

Selengkapnya Hubungi kami

Operasional Instalasi Pengelolaan Limbah B3 ( OPLB3 )

Bidang Lingkungan

Selengkapnya Hubungi kami