...

ISO 45001 hadir karena angka statistik terhadap insiden keamanan dan kecelakaan kerja beserta biaya yang dirugikan terus meningkat setiap harinya di seluruh dunia. Pada dasarnya sebuah pedoman keselamatan dan kesehatan bertaraf internasional kebanyakan sudah digunakan organisasi/perusahaan. Namun, hal tersebut rupanya banyak yang janggal dan ditemukan ketidaksesuaian di lapangan.

Sebuah sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja yang selaras sangat dibutuhkan sehingga tercipta penerapan standar dengan “Best Practice”. Istilah tersebut dapat dilihat di berbagai skala perusahaan yang diterapkan di negara maju maupun berkembang.

Dengan adanya standar tersebut, perusahaan akan mampu mengatasi berbagai resiko keselamatan dan kesehatan kerja dengan lebih baik di masa depan. HLS atau (High Level Structure) merupakan struktur baru dalam ISO 45001 2018 yang meliputi :

  1. Integrasi yang baik antar sistem manajemen
  2. Manajemen perusahaan yang terpadu dengan pendekatan
  3. Menciptakan sistem manajemen yang merefleksikan kompleksnya lingkungan tempat perusahaan beroperasi
  4. Kemampuan suatu organisasi dalam mengatasi resiko keselamatan dan kesehatan kerja akan meningkat.

Syarat-Syarat Utama Sertifikasi ISO 45001: 2018

  1. Ruang Lingkup

Ruang Lingkup merupakan syarat yang pertama dan memungkinkan organisasi menciptakan kondisi kerja yang sehat dan aman. Kecelakaan dan cedera yang berhubungan dengan pekerjaan dapat ditanggulangi.   Selain itu, kinerja keselamatan dan kesehatan kerja juga dapat ditingkatkan secara proaktif.

  1. Acuan Normatif

Pada dasarnya, dalam ISO 45001 tahun 2018 tidak ada referensi yang bersifat normative. Namun, syarat ini dipertahankan dan skema penomoran persis seperti yang terdapat pada standar ISO lainnya.

  1. Istilah dan Definisi

Saat ini istilah dan definisi memberikan pedoman lanjutan yang jelas agar tidak terjadi kesalah pahaman. Definisi yang sudah ada beberapa direvisi dan ada juga beberapa definisi tambahan dalam hal berkaitan dengan perusahaan, misalnya partisipasi karyawan, risiko, konsultasi, cedera, serta keselamatan dan kesehatan kerja.

  1. Konteksi Organisasi

Konteks organisasi Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam perusahaan dapat mendukung ISO 45001. Faktor eksternal dan internal pun dapat lebih mudah diidentifikasi oleh perusahaan terkait Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja.

Terdapat pula pembahasan mengenai sikap preventif yang meliputi relevansi masalah internal maupun eksternal harus bisa diidentifikasi oleh perusahaan karena hasilnya bisa memperngaruhi Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja.

Manfaat Menerapkan ISO 45001 tahun 2018 Bagi Perusahaan

Banyak sekali keuntungan diterapkannya ISO 45001 2018 bagi perusahaan Anda. Kasus kecelakaan dan sakit akibat kerja dapat dikurangi dan dan diminimalisir dengan diterapkannya Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja.

  • Bahaya dan resiko yang berhubungan dengan aktivitas pekerjaan dapat ditentukan dengan menerapkan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Selain itu, hal tersebut bisa diupayakan agar hilang dan terkendali.
  • Kesadaran akan resiko K3 bisa meningkat di berbagai lapisan perusahaan.
  • Peraturan pemerintah terkait K3 bisa lebih dipahami dan dipatuhi.
  • Pengendalian operasional untuk risiko Kesehatan dan Keselamatan kerja.
  • Kinerja Kesehatan dan Keselamatan Kerja dapat dievaluasi dan diperbaiki dengan tepat dan berkelanjutan.
  • Karyawan perusahaan dapat berperan aktif dalam pelaksanaan K3 dengan diterapkannya Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja.
  • Efektifitas dan efisiensi pekerja sehingga dapat mengurangi angka cedera dan sakit akibat kerja.
  • Terbukanya peluang pasar baru terutama untuk customer perusahaan yang mensyaratkan K3.
  • Persyaratan tender maupun hal terkait bisnis lainnya dapat terpenuhi dengan diterapkannya Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja.
  • Seluruh biaya insiden kecelakaan kerja dapat dikurangi.
  • Downtime dan biaya yang diakibatkan dari gangguan operasi dapat dikurangi.
  • Biaya premi asuransi akibat cidera kerja dapat diminimalisir.
  • Tingkan turnover dan ketidakhadiran karyawan  perusahaan dapat dikurangi

Biaya Konsultasi & Sertifikasi ISO 45001 tahun 2018

Pada dasarnya dalam menentukan jumlah biaya konsultasi dan sertifikasi ISO 45001 tahun 2018 tidak terdapat kebakuan. Namun, beberapa acuan tetap harus diperhatikan oleh konsultan ISO 45001 :

  • Ukuran organisasi atau perusahaan
  • Jumlah karyawan
  • Jumlah cabang perusahaan yang tersebar
  • Tempat/lokasi perusahaan
  • Scope organisasi atau perusahaan
  • Target waktu yang telah ditentukan.

Waktu yang Dibutuhkan untuk Sertifikasi ISO 45001 tahun 2018

Berapa waktu yang diperlukan untuk sertifikasi ISO 45001 tahun 2018? Nyatanya semua bergantung pada kesiapan perusahaan itu sendiri. Proses yang sudah berjalan dalam organisasi menentukan lamanya proses dari mulai melengkapi persyaratan, audit, hingga mendapat sertifikat ISO 45001.

Namun, rata-rata dalam waktu tiga sampai empat bulan seorang konsultan ISO 45001 sudah dapat menyelesaikan tugasnya.

Setelah diaudit, lulus, kemudian disertifikasi oleh organisasi standarisasi internasional, sebuah perusahaan berhak memiliki label “ISO 45001 2015 Certified” atau bisa pula “ISO 45001 2018 Registered”. Label tersebut sebagai pembuktian sebagai perusahaan yang memenuhi klausul atau syarat dalam ISO 45001 2018.

Jasa Konsultan ISO 45001 2018

Formasi Bisnis Indonesia menyediakan jasa konsultan ISO 45001 2018. Didukung oleh tenaga ahli yang berkompeten dan berpengalaman dibidangnya, Kami yakin mampu memberikan hasil yang maksimal dan sesuai dengan target. Bukan hanya itu, Formasi Bisnis Indonesia sudah memiliki sertifikat ISO 45001:2018. Berikut ini beberapa tahapan dalam proses konsultasi ISO 45001 2018 secara garis besar:

  1. Project Kickoff
  2. Gap Analisys
  3. Awareness ISO 45001 2018
  4. Design and Development
  5. Implementation
  6. Internal Audit

Setalah enam tahapan tersebut terlaksana dengan baik maka selanjutnya akan dilakukan external audit untuk menilai apakah perusahaan Anda sudah memenuhi syarat untuk mendapatkan sertifikat ISO 45001 2018 atau belum. Untuk jasa konsultasi saja biasanya hanya pada enam tahapan di atas, namun jika Anda membutuhkan Kami untuk pendampingan sampai dengan sertifikat terbit maka Kami bisa melakukannya.

Jika Anda membutuhkan jasa konsultan ISO 45001 2018 atau membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai ISO 45001 2018, Kami akan senantiasa untuk membantu.

Produk Lainnya

Konsultan ISO 9001 2015 Sistem Manajemen Mutu

Bidang Manajemen Mutu

Selengkapnya Hubungi kami

Konsultan ISO 14001 2015 Sistem Manajemen Lingkungan

Bidang Lingkungan dan Energi

Selengkapnya Hubungi kami

Konsultan ISO 27001 2013 Sistem Manajemen Kemanan Informasi

Bidang Keamanan Informasi

Selengkapnya Hubungi kami

Konsultan ISO 37001 2016 Sistem Manajemen Anti Suap

Bidang Manajemen Mutu

Selengkapnya Hubungi kami

Konsultan ISO 50001:2011 Sistem Manajemen Energi

Bidang Lingkungan dan Energi

Selengkapnya Hubungi kami

Konsultan ISO 55001:2014 Sistem Manajemen Aset

Bidang Aset

Selengkapnya Hubungi kami

Pelatihan Pemantauan dan Analisis Pengelolaan Limbah B3 Sertifikasi BNSP

Bidang Lingkungan

Selengkapnya Hubungi kami

Pelatihan Penanggung Jawab Pengendalian Pencemaran Air Sertifikasi BNSP

Bidang Lingkungan

Selengkapnya Hubungi kami