Training dan Sertifikasi Teknisi AC Central

Teknologi Air Conditioner (AC) sangat dirasakan manfaatnya dalam kehidupan dunia modern yang digunakan sebagai pengatur suhu udara dan kenyamanan ruangan baik pada industri, perkantoran, transportasi maupun rumah tangga. Apabila sedang berada dalam gedung, kita dapat merasakan hawa dingin dari ruangan tanpa melihat letak pasti AC yang digunakan, hanya melihat lubang udara atau diffuser pada langit-langit ruangan yang menyemburkan udara dingin. Sistem udara tersebut dikenal dengan sistem AC Central. 

AC Central merupakan sistem pendinginan ruangan yang dikontrol dari satu tempat untuk kemudian didistribusikan secara terpusat ke seluruh isi gedung dengan kapasitas sesuai ukuran ruangan melalui saluran udara. Dari aspek lingkungan sekitar, kesehatan dan keselamatan kerja serta sistem pengendalian,  pengoperasian AC Central terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan sehingga pemahaman komprehensif terkait kinerja AC central sangat diperlukan oleh teknisi AC Central melalui training.

Training Teknisi AC Central didesain untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada para Teknisi AC Central terkait dengan dasar, peralatan kontrol dan keamanan pada mesin AC Central. Selain itu juga akan dibekali pengetahuan terkait dengan berbagai macam peralatan dan sistem keamanan, mulai dari pemilihan, prinsip kerja, perawatan, dan penanganan masalah dalam proses pendinginan.

Training dan Sertifikasi Teknisi AC Central ini akan melatih para teknisi dan engineer di perusahaan agar memiliki pengetahuan tentang konstruksi, komponen dan prinsip kerja sistem AC beserta cara pemeliharaan dan perawatan, pemeriksaan dan penggantian beberapa komponennya yang sesuai dengan prosedur yang benar dan standar kesehatan dan keselamatan kerja. Mekanisme kerja sistem AC yang sesuai dengan standar dan kebutuhan akan menjamin kelangsungan dan kestabilan operasi mesin produksi. Kegagalan sistem pendinginan dapat mengakibatkan kerusakan peralatan dan terganggunya kontinuitas operasi sistem sehingga kinerja produksi akan menurun. Pelatihan ini dapat memberikan solusi terhadap masalah pengoperasian, pemeliharaan dan troubleshooting sistem AC di unit produksi. Output dari sebuah pelatihan atau Training Teknisi AC merupakan pengakuan melalui kepemilikan sertifikat profesional melalui proses Sertifikasi Teknisi AC oleh lembaga sertifikasi profesi yang diakui oleh Kemnaker.

Dasar Hukum Training dan Sertifikasi Teknisi AC

Setelah terbitnya UU Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003 dilanjutkan dengan keluarnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2004 tentang Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan PP 31 Tahun 2006 tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional menunjukkan bahwa pelaksanaan sertifikasi kompetensi kerja diberbagai sektor industri semakin meningkat. Melalui Sertifikasi Teknisi AC, seorang Teknisi AC Central berarti mempunyai pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja sesuai dengan standar kompetensi kerja yang telah dipersyaratkan. Sehingga seorang teknisi yang memiliki Sertifikasi Teknisi AC sudah terjamin akan kredibilitasnya dalam melakukan suatu pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya. Pelatihan ini merujuk pada skema sertifikasi yang terdaftar di Keputusan Ketua BNSP Nomor Kep.1459/BNSP/XII/2019 tentang Perpanjangan Lisensi Kepada Lembaga Sertifikasi Profesi Logam Mesin Indonesia.

Manfaat Training dan Sertifikasi Teknisi AC Central

Setelah mengikuti Training dan Sertifikasi Teknisi AC Central, seorang teknisi AC Central diharapkan mampu untuk:

  • Mengetahui dan memahami dasar peralatan kontrol dan keamanan mesin AC Central.
  • Merencanakan atau menghitung instalasi sistem AC Central
  • Memahami tahapan dan teknik koordinasi dan pengawasan pekerjaan pemasangan sistem instalasi AC Central.
  • Memahami tahapan dan teknik diagnosa kerusakan dan penurunan kinerja mesin
  • Memahami tahapan operasional sistem AC Central serta mengawasi pekerjaan dan perawatan dan perbaikan instalasi sistem AC Central.
  • Memodifikasi sistem AC dalam penghematan energi dengan teknologi maju.
  • Mengetahui dan memahami dampak negatif bagi lingkungan yang disebabkan oleh bahan kimia yang dihasilkan oleh sistem AC beserta dengan solusinya

Materi Training dan Sertifikasi Teknisi AC Central Sesuai SKKNI

Unit Kompetensi yang akan dipelajari para teknisi AC Central dalam Sertifikasi Teknisi AC, yaitu:

No Kode Unit Judul Unit Kompetensi
1 LOG.0001.002.01 Menerapkan Prinsip-prinsip K3 di Lingkungan kerja
2 LOG.0001.003.01 Menerapkan Prosedur-prosedur Mutu
3 LOG.0009.002.01 Membaca Gambar Teknik
4 LOG.0012.002.01 Pengukuran Listrik/Elektronik
5 LOG.0018.002.01 Menggunakan Perkakas Bertenaga/Operasi Digenggam
6 LOG.0018.027.01 Mendiagnosa dan Memperbaiki/Mengoreksi Kesalahan pada Rangkaian Listrik Dasar
7 LOG.0018.030.01 Menguji. Mengosongkan dan Mengisi Sistem Pendingin
8 LOG.0018.28.01 Mendiagnosa dan Memperbaiki/Mengoreksi Kesalahan pada Rangkaian Listrik Dasar yang kompleks
9 LOG.0018.32.01 Memelihara dan Memperbaiki Sistem AC Sentral 
10 LOG.0018.033.01 Memelihara dan Memperbaiki Sistem AC Sentral Ukuran Besar

 

Pelaksanaan Training dan Sertifikasi Teknisi AC

Serangkaian pelatihan dan sertifikasi teknisi AC BNSP dilaksanakan selama 4 hari, hal ini tidak lepas dari jumlah unit kompetensi yang sudah diatur sesuai SKKNI di atas. Apakah pelatihan dan sertifikasi teknisi AC bisa diaksanakan secara online? Ya, tentu saja bisa. Hal ini bisa memudahkan bagi para peserta dari sisi waktu dan tempat. Jadi tunggu apa lagi? Segera hubungi Formasi Bisnis Indonesia untuk konsultasi gratis dan dapatkan penawaran harga yang terjangkau. 

Lihat juga kegiatan terbaru di sini.

Membutuhkan Inhouse Training? Klik di sini.