...

Bagi perusahaan dalam berbagai bidang, kemampuan komunikasi akan sangat mempengaruhi kesuksesan perusahaan itu sendiri. Bukan hanya wajib dimiliki oleh karyawan pada divisi-divisi yang berhubungan dengan kegiatan komunikasi saja, tetapi semua karyawan dari berbagai divisi pun jauh lebih baik jika memiliki communication skills yang sangat baik. Sebab, kegiatan utama perusahaan yaitu menjalankan bisnis adalah kegiatan yang terpatok pada keahlian dalam komunikasi. Sederhananya, dalam kehidupan kita sehari-hari pun tidak jauh dari komunikasi untuk memenuhi kebutuhan. Apalagi dalam dunia bisnis yang memerlukan perbincangan, negosiasi, penawaran, dan rupa komunikasi lain dari berbagai arah.

Besarnya Peran Keahlian Komunikasi Bagi Kesuksesan Perusahaan

Komunikasi merupakan keahlian keterampilan yang secara alami dimiliki semua orang. Namun tingkatnya berbeda-beda. Tidak semua orang memiliki keahlian berkomunikasi yang baik. Hal ini akan berhubungan juga dengan pembawaan diri, rasa percaya diri, dan bagaimana seseorang memilih kata-kata untuk dikeluarkan kepada lawan bicara atau publik.

Tidak heran bila banyak yang menganggap kesuksesan sebuah perusahaan akan sangat dipengaruhi oleh kemampuan para pekerjanya dalam berkomunikasi. Contoh kecilnya saat melakukan teknik pemasaran, tentu keahlian dalam berkomunikasi berperan besar. Bagaimana menyampaikan materi untuk membuat lawan bicara tertarik dengan produk atau perusahaan.

Untuk meningkatkan keahlian ini, dibutuhkan pelatihan khusus yang dipegang oleh para profesional di bidang komunikasi. Meski dapat dipelajari secara otodidak atau mempelajari sendiri, melatih keahlian komunikasi jauh lebih baik diawasi dan melibatkan pihak profesional karena komunikasi merupakan kegiatan yang umumnya melibatkan pihak tertentu.

Khususnya dalam hal komunikasi profesional bagi karyawan dan pekerja perusahaan. Selain itu bagi mereka yang berhubungan dengan publik seperti pelaku industri hiburan, motivator, narasumber dalam kegiatan workshop, dan banyak lagi juga membutuhkan pelatihan komunikasi secara profesional.

Tujuan dan Manfaat Pelatihan Kemampuan Komunikasi

Beberapa tujuan dan manfaat dari pelatihan berkomunikasi secara profesional di antaranya:

  • Mampu Mempengaruhi Lawan Bicara

Peserta pelatihan memiliki kemampuan khusus untuk dapat mempengaruhi lawan bicara dengan pembahasan dan informasi yang dia ucapkan secara langsung. Sehingga tercipta komunikasi yang efektif.

  • Memberi Kesan yang Baik

Komunikasi akan menciptakan penilaian dari publik atau lawan bicara kepada kita. Tujuan kedua ialah agar publik dan lawan bicara akan menilai dengan kesan positif pada Anda atau terciptanya kesan yang baik.

  • Memberi Motivasi untuk Bekerja Lebih Baik

Mengikuti pelatihan akan membuat peserta khususnya para pekerja menjadi lebih bersemangat dan ingin bekerja lebih baik lagi karena telah memiliki keahlian berkomunikasi yang lebih baik.

  • Memiliki Rasa Percaya Diri Lebih Tinggi

Tujuan berikutnya ialah peserta memiliki rasa percaya diri yang lebih tinggi lagi. Para peserta akan jarang bertemu rasa grogi berlebih yang membuat cara komunikasi menjadi kurang baik. Terciptanya rasa percaya diri yang lebih tinggi lagi akan memberi kehidupan lebih positif lagi.

  • Melatih Keahlian Khusus dalam Pemilihan Kata dan Kalimat

Peserta pelatihan memiliki kemampuan dalam memilih kata dan kalimat ketika berkomunikasi. Hal ini akan mengurangi terjadinya salah pemilihan kata atau kalimat yang menyebabkan kesalahpahaman atau terjadinya salam penyampaian.

  • Melatih Kemampuan Penyampaian Informasi

Selanjutnya adalah peserta akan mampu menyampaikan informasi dan pendapat secara lebih informatif yang membuat lawan bicara langsung mengerti dalam menerima informasi tersebut.

Materi-Materi Pelatihan Kemampuan Komunikasi

Di bawah ini beberapa materi dasar yang diberikan pada pelatihan keahlian dalam komunikasi. Umumnya materi dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan sesuai dengan bidang atau fokus terhadap bagian tertentu.

  1. Mendalami tujuan dan manfaat pelatihan komunikasi agar lebih memahami pentingnya keahlian berkomunikasi bagi seorang karyawan atau pekerja.
  2. Mempelajari proses berkomunikasi secara efektif.
  3. Mempelajari cara memilih topik dengan baik dan benar, membuat lawan bicara tertarik dan mampu membawa lawan bicara masuk ke pembicaraan.
  4. Mengenal beragam metode presentasi sebagai salah satu media komunikasi.
  5. Memahami strategi penelitian dan kemampuan menganalisis audiens.
  6. Melatih cara berbicara untuk lebih terstruktur serta beragam hal yang membuat sesi komunikasi lebih efektif.
  7. Mempelajari cara menyampaikan komunikasi dan melakukan praktik yang baik.
  8. Mengenal dan menggunakan metode visual, juga peralatan canggih untuk memaksimalkan keahlian berkomunikasi serta sesi komunikasi.

Pelatihan dan Metode Komunikasi

Metode dalam proses pelatihan di antaranya berupa pembelajaran konsep, case study, role play, diskusi, menyaksikan video, dan bermain beberapa permainan penunjang keahlian komunikasi. Akan disampaikan materi-materi secara efektif dan lebih mudah untuk diterima oleh para peserta yang mengikuti pelatihan.

Penyampaian materi dan berbagai metode dilakukan oleh narasumber dan para profesional di bidang komunikasi. Peserta akan mendapat banyak manfaat dan dalam waktu cepat mampu mengembangkan keahlian dalam berkomunikasi baik pada ruang lingkup personal atau pun publlic speacking.

Kegiatan pelatihan akan sangat membantu bagi Anda yang hampir selalu mengalami kesulitan dalam melakukan komunikasi yang disebabkan berbagai faktor. Seperti kurangnya rasa percaya diri dan kurangnya wawasan penggunaan juga pemilihan kata-kata.

Jadwal Pelatihan

Waktu Lokasi #
29 - 30 Juni 2020 Jakarta Pilih
27 - 28 Juli 2020 Jakarta Pilih
10 - 11 Agustus 2020 Jakarta Pilih
Membutuhkan Inhouse Training? Klik di sini.

Produk Lainnya

Service Excellence Training

Bidang Keterampilan

Selengkapnya Hubungi kami

Pelatihan Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun ( B3 )

Bidang Lingkungan

Selengkapnya Hubungi kami

Pelatihan Implementasi dan Pembuatan Laporan AMDAL UKL UPL

Bidang Lingkungan

Selengkapnya Hubungi kami

Awareness Failure Mode and Effect Analisys

Bidang Produktifitas dan Mutu

Selengkapnya Hubungi kami

Awareness Internal Quality Audit Base On ISO 9001:2015

Bidang Produktifitas dan Mutu

Selengkapnya Hubungi kami

Pelatihan Manajemen Proses Bisnis

Bidang Produktifitas dan Mutu

Selengkapnya Hubungi kami

Pelatihan Penanggung Jawab Operasional Pengolahan Air Limbah Sertifikasi BNSP

Bidang Lingkungan

Selengkapnya Hubungi kami

Leadership Training

Bidang Keterampilan

Selengkapnya Hubungi kami

Problem Solving and Decision Making Training

Bidang IT

Selengkapnya Hubungi kami

ITIL ( Information Technology Infrastructure Library Version 3 Foundation )

Bidang IT

Selengkapnya Hubungi kami

COBIT 5 ( Control Objective for Information and Related Technology )

Bidang IT

Selengkapnya Hubungi kami

Jasa Konsultan SMK3 ( Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja )

Bidang Keselamatan dan Kesehatan

Selengkapnya Hubungi kami

Pelatihan ISO 9001 tahun 2015 Awareness

Bidang Manajemen Mutu

Selengkapnya Hubungi kami

Pelatihan ISO 27001 Tahun 2013 Awareness

Bidang Keamanan Informasi

Selengkapnya Hubungi kami