Training Total Quality Management ( TQM )

Sebagai perusahaan yang memproduksi sebuah barang yang digunakan oleh masyarakat dengan kualitas terbaik sesuai standar nasional Indonesia yang telah ditentukan. Namun, pada beberapa perusahaan yang bergerak di industri manufaktur, banyak yang belum mewujudkan produk berkualitas tinggi untuk dapat aman digunakan oleh konsumen.

Hal ini dikarenakan beberapa perusahaan tersebut belum mampu menerapkan dan mengembangkan proses pengerjaan yang berkualitas di setiap tahapan produksi yang mengakibatkan sulitnya menghasilkan barang jadi seperti yang diharapkan. Barang jadi dengan kualitas tinggi bisa didapatkan jika perusahaan menerapkan Total Quality Management pada setiap tahapan produksinya. 

Total Quality Management atau biasa disingkat TQM adalah sebuah pendekatan manajemen yang menempatkan kualitas sebagai salah satu strategi bisnis untuk memenangkan persaingan yang berfokus pada Pelanggan (Customer focused) dengan melibatkan semua level karyawan dalam melakukan peningkatan atau perbaikan yang berkesinambungan (secara terus-menerus).

8 Prinsip Penerapan Total Quality Management 

1. Fokus Pada Pelanggan

Kutipan “Pelanggan adalah raja” masih menjadi satu jargon yang dapat meningkatkan semangat kerja para karyawan demi menghasilkan produk yang berkualitas tinggi dan digunakan oleh konsumen sehingga dapat meningkatkan profit perusahaan.

2. Keterlibatan Karyawan

Demi mewujudkan hasil produksi yang berkualitas, setiap karyawan turut mengambil peran dalam penerapan Total Quality Management demi mencapai tujuan perusahaan. Keterlibatan karyawan bisa didapatkan tanpa paksaan jika diberdayakan dan manajemen menyediakan lingkungan kerja yang tepat bagi mereka.

3. Proses Terpusat

Hal yang mendasar dari sebuah Total Quality Management adalah fokus pada serangkaian langkah dengan mengambil masukan dari internal atau eksternal dan mengubahnya menjadi output yang akan dikirimkan kepada konsumen.

4. Sistem Terintegrasi

Sistem yang terintegrasi dibutuhkan demi menciptakan proses kerja yang sinkron antar bagian produksi bagi sebuah perusahaan.

5. Pendekatan Strategis dan Sistematis

Bagian penting dari pengelolaan mutu adalah pendekatan strategis dan sistematis untuk mencapai visi, misi, dan tujuan organisasi.

6. Perbaikan Berkelanjutan

Dengan diterapkannya Total Quality Management, perusahaan akan terus berusaha untuk melakukan perbaikan demi terciptanya produksi barang yang berkualitas bagi konsumen.

7. Pengambilan Keputusan Berdasarkan Bukti

Jika ditemukan sebuah proses yang merugikan dan menghasilkan produksi yang buruk, perusahaan perlu menindaklanjutinya melalui bukti yang konkret. Penerapan TQM dapat meningkatkan ketepatan pengambilan keputusan, mencapai konsensus, dan memungkinkan prediksi berdasarkan catatan yang pada masa lampau.

8. Komunikasi

Komunikasi yang efektif memainkan peran besar dalam menjaga moral dan memotivasi karyawan di semua tingkat. Komunikasi melibatkan strategi, metode, dan ketepatan waktu

Training Total Quality Management

Perusahaan dapat memberikan pemahaman dan mengaplikasikan sistem ini kepada karyawan melalui Training Total Quality Managemen. Pelatihan ini berfokus pada karyawan dan anggota organisasinya yang dapat berpartisipasi aktif dalam meningkatkan proses produksi layanan serta budaya bekerja yang bisa menghasilkan produk berkualitas terbaik dalam segi produk dan layanan demi mencapai kepuasan pelanggan.

TQM training tentunya memiliki beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh perusahaan maupun karyawannya itu sendiri, seperti:

  1. Memahami filosofi TQM
  2. Meningkatkan keterampilan praktis dalam mengaplikasikan konsep TQM
  3. Memahami technical tools dan management tools untuk menerapkan TQM
  4. Memahami peran manajemen dalam proses quality management dan improvement

Materi Training Total Quality management yang akan didapatkan para peserta adalah sebagai berikut:

  1. Konsep dan filosofi TQM
  2. Apa yang dimaksud dengan Quality dan TQM 
  3. Sasaran TQM
  4. Prinsip-prinsip inti untuk mencapai TQM
  5. Peran Manajemen dalam Quality Management
  6. Hubungan TQM dengan Change Management
  7. Jantung TQM
  8. Kaizen dan eksplorasi ide
  9. 5S - Pondasi Shop Floor Management
  10. QCC
  11. Praktek pengukuran roda improvement (aplikasi MS Access)
  12. TQM Tools, Techniques and Improvement Cycle
  13. 7 QC tools
  14. Teknik brainstorming
  15. PDSA dan teknik problem solving
  16. Strategi implementasi TQM di perusahaan

Segera daftarkan karyawan atau diri anda pada program pelatihan Total Quality Management Formasi Bisnis Indonesia yang berdurasi selama 2 hari dengan biaya terjangkau. Wujudkan produk yang berkualitas untuk profit perusahaan yang lebih besar.

Lihat juga kegiatan terbaru di sini.

Waktu Lokasi #
29 - 30 September 2021 Online Pilih
27 - 28 Oktober 2021 Online Pilih
23 -24 November 2021 Online Pilih
14 - 15 Desember 2021 Online Pilih
Membutuhkan Inhouse Training? Klik di sini.